Tentang Saya yang Menulis Blog Ini

Saya adalah 100% orang Indonesia (100% wong jowo) yang menikah dengan 100% orang Jepang muslim dan saat ini sedang membagi waktu antara belajar menjadi insinyur profesional dan menjadi ibu rumah tangga paruh waktu yang berbagi tugas rumah bersama suami. Sudah tinggal di Jepang sejak tahun 2011.

Saya lahir di pulau Jawa bagian tengah, di tempat ayah saya juga lahir dan dibesarkan. Pindah ke Jakarta saat umur 3 tahun (karena pekerjaan ayah) dan mengenyam pendidikan sejak taman kanak-kanak hingga sarjana, semua di Jakarta.

Lulus dari program studi Jepang di Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia (FIB UI) dengan gelar diploma di tahun 2009 dan juga dari program studi (untuk program sarjana) teknik metalurgi dan material, fakultas teknik di universitas yang sama di tahun 2012.

Pada tahun ke-4 semester awal saya menjadi mahasiswa teknik, saya mendapatkan kesempatan untuk mengikuti pertukaran pelajar ke Universitas Kagoshima di Kyushu (daerah selatan Jepang) selama 1 tahun dan berhasil membawa 1 skripsi bertema “thin-film technology” atau bisa dikategorikan ke dalam material “advance”. Singkat cerita, saya lulus sarjana di UI dalam waktu 3 tahun karena 1 tahun dipakai untuk belajar di Universitas Kagoshima dengan mentrasfer SKS dan menulis skripsi di sana.

Hampir 1 bulan setelah saya kembali ke Indonesia untuk wisuda S1, saya kembali lagi ke Jepang (kali ini ke Tokyo) untuk mengambil kuliah selama 2 tahun untuk program master di bidang yang sama dengan program studi saya waktu s1. 

Tahun pertama saya di Tokyo Insitute of Technology (Tokyo Tech) adalah tanpa beasiswa tapi sekolah gratis. Saya mendapatkan beasiswa dari Mitsubishi Reserach Institute (MRI/ sebuah perusahaan konsultan di Tokyo) pada tahun ke-2 program master dengan konsentrasi riset pada termodinamika material (heat transfer) di lab “physical chemistry of melts” dan menambah 1 semester tambahan untuk menyelesaikan riset.

Selama saya kuliah di Tokyo Tech, saya telah mengikuti program riset yang dibiayai oleh kampus dan berkesempatan untuk mengenyam pendidikan di Universitas Oxford, Inggris selama hampir 3 bulan pada musim panas 2013 (Juni-September).

Saya lulus dengan gelar magister teknik (M.Eng) dari Tokyo Tech di tahun 2015. Kemudian saya menikah (juga) di tahun 2015 dalam usia 26 tahun, seminggu setelah sidang thesis saya selesai.

Saat ini saya adalah seorang insinyur (sejak 2015) di salah satu perusahaan Jepang berbasis di Tokyo yang bergerak dalam bidang energi. Saya adalah seorang insinyur desain yang mendesain mesin “heat exchanger” untuk pembangkit listrik (tenaga thermal).

Saya menyukai menulis, membaca buku, melukis/menggambar, menonton film bergenre apa pun, fashion, akhir-akhir ini suka memasak dan sedang belajar fotografi. Di waktu luang, kadang saya juga “travelling” lebih ke “backpacking”. Saya menyukai kebudayaan Jepang dan juga makanan indonesia.

Blog ini adalah wadah saya untuk menulis , menyampaikan pikiran menurut sudut pandang saya, membagi kenangan dan cerita antara Jakarta dan Tokyo.

Dea N Sasadhara Hirano

Iklan

20 thoughts on “Tentang Saya yang Menulis Blog Ini

  1. Rati berkata:

    Sis, tgl 10 mei nanti aku mau liburan ke jepang. Cuaca di sana skr gimana? Pakaian apa yg hrs aku bw

    • deachu berkata:

      Sekarang sih cuacanya lagi hangat. Bawa baju indonesia yg bahannya biasa aja tapi klo bisa lengan pendek atau lengan panjang. Ga perlu jaket tebal atau sweater.

  2. ijha berkata:

    kerennnnnn
    sy juga punya cita2 buat kuliah di Jepang. tapi krn biaya kuliah disana mahal, maka minimal sy bisa ke Jepang. skrg lg kumpul duit buat ke Jepang.
    moga someday impian sy bisa terwujud

  3. Rere berkata:

    Hai kak dea!! /sokakrab /maafin m(_ _)m aku kelas 3 sma ipa dan aku pengen masuk metalurgi ui dan aku juga mau sekolah ke jepang nyusul kak dea!! doain aku yawww hehehe. semoga bisa ketemu di jepang soon ya kak hehe:”) ganbattene, dea-senpai!(^^)/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s