Satu filosofi orang Jepang yg berguna buat hidup gue di sini: “bukan memikirkan siapa yang benar, untuk kedamaian, lebih baik lebih dulu minta maaf”.
Gue sebagai orang Indonesia malu..kebanyakan mikirin ego. Bilang maaf aja sulit, musti mikirin siapa dulu yg bener. Sampe lupain indahnya silaturahmi. Malah ngurusin ego, ngurusin harga diri. Untuk orang Indonesia 3 hal yang mungkin sulit untuk diucapin:
1) Maaf
2) Tolong
3) Terima kasih

Kadang berpikir, gue ga salah kenapa harus gue yang minta maaf? Tapi ternyata mikir gitu ga ada habisnya. Daripaada juntrungannya ga jelas, minta maaf duluan bisa jadi nyadarin lawan kita kalau dia juga salah. Baikan lebih cepet. Dan bahkan akan berhati-hati ke depannya.
Tinggal di Jepang, yg bikin gue gampang minta maaf, gampang minta tolong, gampang bilang terima kasih. Ini bukan rumah gue, ga semua orang bisa maklumin keegoisan gue. Semua dilakukan untuk hubungan yang lebih baik.

Living abroad, being a minority, kicked yourself out from your comfort zone need a thousands times more effort than you can really ever imagine. Still lots of stuff to think, to reconsider before you do really act. Ya Allah, terima kasih telah mengingatkan saya.
ğŸŒž

View on Path

Uncategorized

Leave a Reply

