Satu filosofi orang Jepang yg berguna buat hidup gue di sini: “bukan memikirkan siapa yang benar, untuk kedamaian, lebih baik lebih dulu minta maaf”.
Gue sebagai orang Indonesia malu..kebanyakan mikirin ego. Bilang maaf aja sulit, musti mikirin siapa dulu yg bener. Sampe lupain indahnya silaturahmi. Malah ngurusin ego, ngurusin harga diri. Untuk orang Indonesia 3 hal yang mungkin sulit untuk diucapin:
1) Maaf
2) Tolong
3) Terima kasih

Kadang berpikir, gue ga salah kenapa harus gue yang minta maaf? Tapi ternyata mikir gitu ga ada habisnya. Daripaada juntrungannya ga jelas, minta maaf duluan bisa jadi nyadarin lawan kita kalau dia juga salah. Baikan lebih cepet. Dan bahkan akan berhati-hati ke depannya.
Tinggal di Jepang, yg bikin gue gampang minta maaf, gampang minta tolong, gampang bilang terima kasih. Ini bukan rumah gue, ga semua orang bisa maklumin keegoisan gue. Semua dilakukan untuk hubungan yang lebih baik.

Living abroad, being a minority, kicked yourself out from your comfort zone need a thousands times more effort than you can really ever imagine. Still lots of stuff to think, to reconsider before you do really act. Ya Allah, terima kasih telah mengingatkan saya.
๐ŸŒž

View on Path

Iklan
Posted in: Tak Berkategori

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s