Beasiswa Biaya Hidup di Jepang

Hari ini diputuskan sebagai hari libur karena nggak ada kuliah. Maka dari itu gw dan teman gw yang dirahasiakan namanya, sebut saja si A (yang cabut ngerjain TA :p ) dan si A2 yang sebentar lagi akan pergi bersama gw menuntut ilmu sebagai anak rantau ke negara yang dirasahasiakan namanya tapi diawali dengan huruf J dan diakhiri dengan huruf G.

Singkat cerita (cerita flashbacknya bakalan ditulis dientry selanjutnya), beasiswa kami untuk biaya hidup yang sebulan BENERRRRR BENERRRRRR nge PAS PAS PAS PAS!

Jadinya kami bela-belai pergi ke JASSO (Japan Students Service Organization) di gedung sumitmas yang ada di jl.sudirman atas rekomendasi anak S3 di Universitas Kagoshima. Karena biaya hidup di Jepang mahal, dapet sih beasiswa tapi bener-bener pas-pas an, jadi lebih baik cari beasiswa lain…untuk mendukung kehidupan di sana.

Gw pikir ke JASSO bisa langsung apply~ternyata cuman cari info doang (-______-)

dapetlah ini

Lumaya~~~n buat orang udik yang baru sekali baru akan merasakan kuliah di luar negeri.

baca-baca~ ternyata harus repot-repot sendiri nyari beasiswa biaya hidup di Jepang.

Jadi berhubung JASSO cuma nyediain informasi, lebih baik tanya yang banyak. Sekalian kalau tersedia pamflet ato apa yang ada tulisannya BOLEH DIAMBIL, comot aja semua~lumayan! karena di dalam buku panduan itu ada macam-macam info buat yang mau belajar di Jepang. Sampai dikasih tahu gimana cara ngurusin imigrasinya🙂

Beasiswa untuk minta biaya hidup ada dua jenis:

  • yang bisa diapply waktu di Indonesia.
  • yang bisa diapply waktu di Jepang.

Tapi kalau udah dapet tempat yang ngasih beasiswa, yang ngajuin ya Univeristas yang di Jepang *sebagai perantara*

Jadi, jangan harap bisa dibantu dengan cepat dan pasti soalnya tergantung pihak yang mau kasih beasiswa juga. Padahal gw pikir semua bisa gampang dan cepet kalo udah nyampe JASSO..ternyata perjalanan anak ini masih panjang, pak…buk…

yaudin…mulai lah ini bahasanya ngaco berhubung mau tidur. kapan-kapan kalau ada hal yang penting bisa disambung ngeblognya…btw, jaket yg kemarin dibeli~hari ini sangat berguna🙂

oiy..bagi yang mau komen, tinggalkan saja komennya di bawah kotak ini yah~oke

15 thoughts on “Beasiswa Biaya Hidup di Jepang

  1. de, mau doong info ttg beasiswa di jepun,hehehe😀
    mohon bimbingannye seniooorrr😛
    Semangat bwt raih mimpi lo, smg diperlancar🙂

    • kalau dihitung harian di kagoshima biasanya makan di kantin kampus paling murah bisa 300 yen 1x makan atau sekitar Rp30.000, kalau di luar 500 yen sekali makan jadi Rp50.000 kalo naik bus jarak jauh 1000 yen atau Rp100.000 atau naik trem jarak dekat jauh 600 yen Rp60.000 kira-kira sehari Rp200.000 sudah cukup

      • Wih mahal amat di Jepang. Mungkin benar, butuh beasiswa tambahan atau cari part-time job kali ya *hiks*
        Btw, kk dapat beasiswa di jepang yg mana nih? Monbukagakusho kah?

      • iya Jepang kan salah satu negara yg mahal biaya hidupnya🙂 aku dapet beasiswa dari professor sama universitas jadi sedikit…biaya kuliah gratis..kan cuma pertukaran😀 kalo monbu baru banyak hehe

  2. Susah gak apply beasiswanya?? Pengen banget kuliah di Jepang soalnyaa… kakak apply beasiswanya lewat apa? Gomen, banyak tanya._.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s