Teknologi Polimer

by me..lol

setelah menyadari bahwasaya dosennya ngeluarin ujian sama apa yang gw catet dari omongannya beliau agak-agak gak singkron (baca:susahan ujiannya) jadi gw berniat mo *ngapalin* lewat internet aja kayak gini biar masuknya kali-kali cepet ke otak karena buat UTS besok masih ada satu mata kuliah yang belom gw pelajarin. NGERI~

oke..bismillah..

Teknologi POLIMER adalah cara mengolah polimer dari satu bentuk menjadi bentuk lain.

polimer apaan si?!!!!

polimer adalah kumpulan dari monomer-monomer yang membentuk banyak unit dengan bentuk molekul rantai panjang dan berulang.

ngomong apa sih? monomer apa sih?

monomer adalah homopolimer yaitu terdiri satu unit.

tapi!! polimer bukan hanya terbentu dari monomer aja tapi juga kopolimer

ini lagiii~apaan tuh kopolimer?!!

🙂 kopolimer adalah monomer tapi bukan cuma satu unit, yang 2 unit namanya bimer, 3 termer, dst. Nah, homopolimer dan kopolimer inilah yang membentuk polimer.

ohh! begitu ya!! ngerti-ngerti~😀

eaaa silahkan dicekidot kertas yg gw coret2 buat belajar..

karena gw dendam dikasih nilai jelek pas material polimer kemaren jadi gw mau lebay UTS ini haha

mana kemaren kuis gw nilainya busuk lagi~sudah ya curhatnya..nyambung lagi yok

Basic material polimer seperti: minyak bumi, gas alam, batubara diberi katalis. Katalis adalah bahan yang digunakan untuk menginisiasi radikal bebas, mempercepat reaksi, dan mengubah monomer menjadi polimer. Setelah jadi polimer kemudian ditambahkan aditif pada saat ini masih jadi intermediate material. polimer yang ditambah aditif namanya compound.setelah itu dia masih jadi semi finished product, setelah itu jadi bahan finished dan baru bisa diaplikasikan ada juga nanti limbahnya terakhir muncul. *aduh penjelasannya kira-kira gtu*

Aditif polimer dibagi 2 yaitu aditif primer dan aditif khusus.

Di atas tadi ada banyak tapi di sini mau ngejelasin beberapa aja. Aditif digunakan untuk meningkatkan performa polimer, memberi perlindungan, dan memperpanjang umur polimer. yg pertama adalah plasticizer yaitu digunakan untuk modifikasi polimer, kemudian heat stabilizer dan flame retardant untuk memperpanjang usia polimer, yang terakhir adalah lubricant untuk perlindungan.

Aditif polimer primer terdiri dari:

1)stabilizer

2)lubricant

Aditif khusus terdiri dari:

1)Colorant

2)UV stabilizer

3)Flame Retardant

wah~kebanyakan ni bahannya gw ga jadi nulis di blog deh~mo lanjut belajar sendiri..hehe *egois mode on*

dadah!! kapan2 nulis lagi deh~doakan saya besok UTS lancar ya!😉


10 thoughts on “Teknologi Polimer

  1. kamu ambil jurusan apa??ko bermain dengan yang namanya teknologi polimer…
    oia makasih ya untuk tulisan di blog nya karena membantu saya untuk belajar UAS tekpol besok..hehehe

    Regards
    Rinaldi Dewantara

  2. hahaha ia saya junior anda tapi saya senior anda…hahahahaha bingung kan…
    saya d3 di mipa 2007
    s1 ekstensi metalurgi tahun 2010

    sekarang anda sedang menyusun skripsi ya, tentang apa??

    • hahah? 2007 ya masih junior saya…saya dulu kuliah 2..d3 bahasa jepang UI 2006 (udah lulus 2009) tahun 2008 ikut SPMB lagi dapet S1 teknik metalurgi :p jadi saya di teknik anak 2008. skrg lagi skripsi tentang thin film deposition (advanced material dan nanoteknologi)🙂

  3. wah wah wah kalah tua juga.ampuunn seniorr..hahaha
    oia ko bisa 2 jurusan gitu ya??hebat-hebat pantes aja bahasa jepangnya lancar.
    oia skrg lagi dimana, di jepang atau di Indonesia ngurus skripsinya??
    susah ga ambil advanced material dan nanoteknologi, soalnya sekarang mau ambil seminar sekalian nyusun buat skripsi.klo boleh tau pembimbing nya siapa??

    • lagi di jepang soalnya Indonesia masih belom oke buat advanced material. pembimbingnya prof.anne. kalau sama bua anne kebanyakan emang nano komposit. oke selamat berjuang.

  4. wah wah….orang orang hebat…terimakasih atas postnya…bagus…tapi kalo bisa lebih di perdalam lagi penjelasan mengenai teknologi polimernya..jujur saya sama sekali nggak suka dengan yang namanya polimer, tapi ini mau nggak mau saya harus belajar polimer..(tuntutan mata kuliah) kakak kakak mohon bantuanya…^^

    • hehe…ini juga terakhir saya belajar polimer (waktu dulu UAS teknologi polimer) tapi nggak berhasil dapet nilai bagus hahah..mungkin faktor dosen memperngaruhi? hehe ga boleh bilang gitu juga sih…jadi ayo ayo kamu semangat ya belajar polimer🙂 kalo sekarang saya lebih banyak belajar tentang materials engineering…maaf ya gak jago polimer huhu.. tapi makasih uda baca🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s