0

-How I met Takahiro-
One day in May, on rainy dayβ˜”οΈ at the end of the spring time, I met this one guy in one of the most crowded spots in Shibuya. Just few months after I have came back from Oxford and he just came back from Tehran. Beforehead, we chatted about meeting after we both are coming back to Tokyo. πŸ—Ό

At the first time I saw him, one thing I could ever thought about this guy was “clumsy”. We went to one restaurant, he ordered salad, “oh, he is protecting himself from haram meat as a normal muslim”, That’s what I thought. I thought he was the one from those muslims who really think seriously about the food since many of us don’t care.🍝

He pulled out a book of Arabics and started to tell me what he is studying. At that time, I told him story about Kiyamah and how I scared of Allah. 🌾

At that time, I didn’t even imagine that I will be marrying this guy. His name is Takahiro Hirano.🎈

Three weeks later he proposed me, saying that he can’t and wont date because he wants to protect syariah. Many times, I warned him and turned him down, saying “You will be better with woman with Hijab on. Not me.”
Then he said, “I can change you. I believe in you. I can guide you.”πŸŽˆπŸ—Ό

Alhamdulillah punya suami sebawel Takahiro masalah hijab. Bukan gara-gara Takahiro gue memutuskan pakai hijab tapi sedikit banyak Takahiro ikut andil.

Sempet share sama orang dan ada yg bilang “suamiku aja gpp aku ga pakai hijab.” Terus gue cari-cari hadist, dan buat suami yg ga ngingetin dan menyetujui istrinya ga berhijab tampaknya waktu kiamat ditagih deh tu. Nggak tahu sih, belum pernah meninggal. Justru mumpung belum ngalamin kiamat sama meninggal, gue siap-siap dulu deh πŸ˜‚

Setelah latihan pake hijab bongkar pasang setahun, hari ini hari perdana pakai hijab ke kantor dan insya Allah mulai saat ini ke luar rumah ke mana-mana mau pakai.πŸ™πŸ» semoga istiqamah. Terima kasih buat ciwi-ciwi yg udah ngasihtau yg baik-baik sama gue. Ciwi-ciwi yang berani duluan berhijab. Karena gue mikir juga kalau liat ke contoh buruk, kapan gue baiknya? Jadi pilihlah orang-orang yg memberikan kebaikan.

Udah nikah juga..intinya ngapain bukan aurat ke bukan suami juga? Kadang gue tanya “why am I doing all of these things? What do I seek for?.” Dunia sebentar, yg kekal akhirat. Ngapain aja ya gue selama ini? πŸ˜‚πŸ˜‚ ngapain ya gue liatin rambut, pake baju pendek, buat apaan ya? Wkwkkw lama-lama mikir. Gue pernah ada di posisi, suka banget sama fashion Jepang yg gak hijaban wkwk tapi lama-lama udah tua juga semakin dekat ajal mo ngapain ya LOL.

Ada di posisi ini juga, “yg penting baik, ga ganggu orang, ga hijaban gpp.”
Tapi ga pake hijab dosa (baru tau pas tinggal di Jepang πŸ˜‚) yaudah kalo sekarang jadi “hijaban tapi baik hatinya” aja gimana de? Banyak kok yg hijab nyinyir. Yaudah deh, gue jadi yg pake hijab tapi ga nyinyir aja gimana? Sering gue ngomong sama diri sendiri begitu.πŸ˜‚ banyak conversation sama diri sendiri. Dan mencari hidayah. Karena hati lo tertutup bukan Allah yg nutup. Tapi lo sendiri yg nutup. Makanya cari pintu keluar. Hidayah itu dicari bukan ditunggu.

Lebih baik telat daripada nggak sama sekali.

Congrats, you have read my boring and long post. πŸ™ˆ – at toshiba keihin product operations

View on Path

Uncategorized
0

WARNING: merasa postingan ini annoying boleh skip..scroll
Panjang soalnya (path kan microblogging, panjang gpp kali ya πŸ™†πŸ»)

Satu lagi berkah Ramadan kali ini, setelah diijinin pulang cepet selama bulan Ramadan, alhamdulillah dikasih ijin dateng telat. Bapakeeee booossssssss you are the best boss in zaaaaa warudoooo (baca:in the world pake japlish) πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ‘πŸΌ

Berawal dari masuk kantor jam 8 pagi, bagi orang jp jam 8 itu mulai kerja berarti nyampe kantor bukan jam 8, tapi jam 7:45 atau lebih cepat lebih baik, yg mana bagi gue keluar rumah musti jam 6 yg mana itu merusak jam biologis.

Jika direkap,
19:00: bukpus
20:45: isya tarawih
22:00: kelar
23:00: tidur
(Total waktu tidur 2 jam)
1:30: sahur
2:30: subuhan
3:00: tidur
6:00: bangun?
(Total waktu tidur 3 jam)
Ngantor..yg mana ga sehat pala geliyengan susah konsen akhirnya ijin bangun jam 7 di mana total waktu tidur 6 jam
Skip πŸ™ŒπŸΌ

Intinya nyampe kantor telat jam 8:30
Dengan melampirkan jadwal ramadan cabang Tokyo akhirnya dikirimlah e-mail itu ke bapake bos.
Dia cuma jawab satu kalimat dalam bahasa Jepang.
“Saya ingin memahami semua itu, bisa minta tolong jelaskan kepada saya secara lansung?”
Fyi sebagai muslimah satu-satu di kantor, dan satu-satu nya muslimah di departemen itu sejak 100 tahun lebih perusahaan ini dibangun, alangkah baiknya Allah yg menggerakkan hati bapake mau mengerti karyawannya.

Lalu dicorat-coretlah itungan detail kegiatan selama Ramadan di kertas jadwal Ramadan dari persatuan muslim Jepang, lalu bapake menyimak dengan seksama dan alhamdulillah boleh dateng telat, boleh pulang cepat.
Bagi gue yg minoritas, ini adalah kebaikan yg sangat berarti yg asalnya dari orang yg gak punya agama, dari negara yg gak beragama.
Tapi niat untuk mengerti orang sangat tinggi dan kebiasan ngejudge orang yg sangat rendah.

Akhirnya nyadar, kayaknya gue ga bakal resign dari sini (nikmat apa yg kau dustakan?) #oot

Diulang..

Akhirnya nyadar, insya Allah kalau niatnya baik apalagi beribadah, akan dimudahkan sama Allah.

Jangan males jelasin ke orang yg gatau tentang islam, karena sesungguhnya mereka ingin tau, itung-itung dakwah.

From the happiest tukang insinyur in Japan

πŸ™πŸ» alhamdulillah – at toshiba keihin product operations

View on Path

Uncategorized
0

Mulai lagi Ramadan minoritas di antara orang-orang yg bebas makan minum di mana-mana πŸ˜‚, ga denger azan (kalo ini tiap hari sih πŸ˜†) dan liat jam buka di aplikasi muslim (ini juga tiap hari) dan ngejawabin orang-orang yg khawatir gue pingsan gara-gara puasa (pernah disuruh batalin juga sama teman Jerman πŸ˜†) ..sesuatu yg jadi menarik bagi anak rantau waktu Ramadan dan bisa jadi cerita kocak.

Ramadan 5 tahun lalu..🌼
Amazed sama Takahiro waktu baru temenan via e-mail karena doi cerita baru belajar puasa dan sahur sendirian karena keluarganya bukan muslim.

Ramadan 3 tahun lalu..🌻
Mau pingsan akibat di Oxford puasa hampir 20 jam πŸ˜‚

Ramadan 2 tahun lalu..πŸ˜„
Jaman2 kuliah dan baru masuk kuliah di tahun-tahun sebelumnya yg masih sambil homesick nelponin keluarga waktu sahur (itu juga kalo kebangun sahur, kalo gak kebangun sahur,bablas aja puasa sampai buka).

Ramadan tahun ini..☺️
Alhamdulillah udah punya teman buka tetap, teman sahur bareng, partner baca qur’an bareng setelah sahur, dan imam eksklusif di rumah waktu nggak tarawih di masjid..di saat di luar sana nggak ada suasana ramadan sama sekali kadang kesepian tapi waktu pulang ke rumah yg bikin ada suasana ramadan di rumah itu Takahiro πŸ˜†

Abang toyib sesungguhnya udah bosan ramadan dan idul fitri jauh di ujung berung 5 tahun berturut2 πŸ˜“..semoga tahun depan bisa ramadan dan idul fitri bareng keluarga di Indonesia πŸ™πŸ»

*saatnya sebar e-mail ke orang2 kantor minta kompensasi pulang cepat dan cuti idul fitri sehari* πŸ˜€

Sempet khawatir karena selama ini ramadannya waktu musim panas, di mana siang lebih panjang dari malam tapi alhamdulillah di tahun ini dimudahkan sama Allah karena ramadannya full musim hujan sebelum puncak musim panas β˜€οΈ jadi tiap hari sejuk β˜”οΈ

Selamat menunaikan ibadah puasa, ibadah lainnya, menambah hal2 positif dan mengurangi hal2 negatif πŸ™πŸ» – at toshiba keihin product operations

View on Path

Uncategorized
3

Selamat tinggal apartemen sepetak yg dulu selalu nunggu gue pulang ngelab sampe pagi, atau kerja sambilan sampe malem, yg rela ditumpangin cuman buat mandi sama tidur, yg denger curhatan skype gue sama nyokap, yg tau sejarah nangis2 home sick sampai jingkrak2 seneng dapet beasiswa, tempat pulang abis merantau dari inggris, tempat pulang di antara hectic job hunting sama eksperimen buat thesis, tempat pulang saat balik dari indo, tempat berlindung saat gue jomblo dan patah hati (lol) sampai bareng Takahiro, tempat gue ganti baju waktu penerimaan mahasiswa baru sampai kimono wisuda.

Good bye πŸ˜”

Bakal kangen liat pemandangan gedung musashi kosugi dan sunset di jalan tanjakan, pohon sakura yg mekar di jalan tanjakan saat musim semi, pohon kesemek di kebun tetangga saat musim gugur, kembang api di futako tamagawa sama kawasaki dari langit musim panas, sama salju yg terhampar di genteng tetangga..sama kangen liat bapak kos lagi berkebun di tamannya sendiri..
Paling kangen sih tiduran sambil liat langit, bulan,sama bintang dan ngadem buka jendela sambil ongkang2 kaki tidur leyeh2 waktu musim angin…ah tu apartemen berhasil jadi rumah ke-3 selama jauh merantau dari rumah.
😿

Men..baru tinggal sehari tinggal di Kamata, uda kangen senzokuike gue..πŸ˜…
Padahal naik sepeda dari sini sekitar setengah jam dan naik kereta 15 menit πŸ˜•

View on Path

Uncategorized
0

Lagi lemes2nya plus kurang tidur diajak inspeksi design condenser ke pabrik kwkwkw πŸ˜‚gpp lah ga ada obatnya dibanding PPAM waktu jadi maba teknik..puasa2 panas pula. Ini si masi adem ayem πŸ’ͺπŸ’ͺπŸ’ͺ berhasil juga tadi liat condenser buat pembangkit listrik biomass gede banget…segede rumah 2 tingkat..keren abis 😚
Ternyata design engineer ga jauh beda sama arsitek yah..dulu gue minta jadi arsitek sama Allah tapi dikasihnya engineer metalurgi..tapi feelnya sama waktu liat design yg kita gambar di kertas atau AUTO CAD jadi kenyataan..uda gtu gede banget. Salut sama bapak2 engineer sini. Katanya si knowledge jadi design engineer ga akan bertambah kalo kita kerja depan komputer doang. Musti inspeksi ☺️ subhanallah – at toshiba keihin product operations

View on Path

Uncategorized
0

Ramadhan 2012: Kagoshima, 2013: Oxford, 2014-2015: Tokyo…semoga 2016 di Jakarta walopun cuma bentar 😭
Kali ini temanya “cerita kocak Ramadhan di antah berantah” dari awal puasa di Jepang, orang Jepang dan temen foreigner lainnya mengkhawatirkan gue..semacam “awas mati” πŸ˜‚ disangkanya puasa itu ga makan doang tapi boleh minum. Dulu temen orang Jerman di Kagoshima sampe bilang “jahat banget sih agama lo” lalu ada temen orang Taiwan, Aussie, sama Cina sibuk banget nyuruh gue batalin puasa waktu jalan2 bareng pas Ramadhannya summer..”kalo capek bilang ya..minum aja minum tapi tetep ga makan gpp” atau “puasanya sampe jam 12 aja” πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚ kocak..disangka puasa bisa ditawar..terus ini reaksi temen Vietnam. Ini yg menarik sih walopun jauh dari keluarga..bisa cerita ke orang2 yg gatau ttg Islam sekalian dakwah kalo kata temen yg alim.. πŸ˜„
sedihnya ga bisa tarawih bareng Takahiro..doi milih ke masjid deket rumahnya πŸ˜…
Selamat dan semangat berpuasa dan beribadah ya semuanya πŸ™ mohon maaf lahir dan batin – at 上池台 my home

View on Path

Uncategorized
0

Akhir-akhir agak malu jadi diri sendiri; muslim yg dari lahir tapi kalah sama yg baru jadi muslim 4thn terakhir…soal hijab, soal cara solat, soal makanan, hal2 kecil, soal cara menerapkan hukum islam di kehidupan sehari-hari..hal2 yg ga pernah membuka mata gue waktu tinggal di Indonesia. Malah menemukan islam yg seharusnya jauh bisa gue pelajari di Indonesia, malah belajarnya di negara antah berantah ini, yg sempet kena islamophobia, negara atheis, yg muslim jadi minoritas…
Mungkin ini alasan Allah mempertemukan gue sama Takahiro, gue yg begajulan dan menutup mata dari islam yg dilihat damai di mata Takahiro. It is lucky that I have you, not for me, it’s for Allah. Now finally I understand the term of “love a person just because Allah, not because of the person itself” 😭😭😭😭😭😭😭😭😭😭😭😭
#mellowakut #mewekdulubisanih

View on Path

Uncategorized